SURAT TERBUKA UNTUK PRESIDEN SBY – KPK – RAKYAT INDONESIA

Bersama ini perkenankan saya meneruskan surat terbuka Jaringan Advokat Publik (JAP) untuk Presiden RI, Rakyat Indonesia dan Komisi Pemberantasa Korupsi, sebagai berikut :

Nomor​ : 234/JAP/S/XII/2013​​​​ Jakarta, 12 Desember 2013

Lamp​ : –

Perihal : Penilaian Terhadap Kinerja Presiden RI dan KPK dalam Penegakan Hukum

Kepada Yth :

1. Presiden Republik Indonesia

2. Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia

3. Seluruh Rakyat Indonesia

di –

Tempat.

“Salus Populi Suprema Lex”

Dengan Hormat,

Bersama ini kami dari Jaringan Advokat Publik (JAP) sebagai lembaga Independen milik bersama anak bangsa yang concern Pemerintahan yang bersih (Clean Goverment), dan Penegakan Hukum (Law Enforcement) yang tegas, cepat dan adil, serta terwujudnya masyarakat adil dan makmur, dengan ini menyampaikan surat terbuka kepada Presiden RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan seluruh rakyat Indonesia, sebagai berikut :

1. Bahwa kami menilai telah terjadinya kemunduran dan pelemahan dalam penegakkan hukum di Indonesia selama lima tahun terakhir yang ditunjukan dengan melemahnya fungsi dan kinerja hampir semua institusi penegak hukum, terbukti dengan kian maraknya praktek suap menyuap, mafia hukum, kolusi korupsi nepotisme (KKN), rekayasa dan kriminalisasi hukum.

2. Bahwa kami menilai Presiden Republik Indonesia Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono telah gagal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di bidang penegakan hukum, terutama pemberantasan korupsi.

3. Bahwa kami menilai, kegagalan presiden dalam penegakan hukum terutama disebabkan ketidakmampuan presiden dalam memilih, menggerakan dan mengawasi para staf dan pembantunya, khususnya di kepolisian, kejaksaan, kementerian hukum dan HAM serta di institusi – institusi terkait dengan penegakan hukum dan pengawasan.

4. Bahwa kami menilai Presiden RI telah tersandera dengan perilaku dan perbuatan koruptif yang telah dilakukan oleh orang – orang terdekatnya, para staf kepercayaannya, kerabat – kerabatnya, kader – kader partainya, serta seluruh jajaran pemerintahannya.

5. Bahwa kami menilai Presiden RI, disadari atau tanpa tanpa disadari telah menyebabkan KPK RI dan institusi penegak hukum lain, telah tersandera dan terpaksa gagal menjalankan tugas dan memenuhi tanggung jawabnya dalam penegakkan hukum, mewujudkan kepastian hukum dan keadilan, serta pemberantasan KKN di Indonesia. Terbukti dari semakin meningkatnya tingkat kejahatan, korupsi, praktek mafia hukum dan sejenisnya.

6. Bahwa kami menilai Presiden RI dengan sadar atau pun tanpa sadar, disengaja atau tidak disengaja, telah keliru dan melakukan kesalahan fatal dalam penempatan figur – figur tertentu pada posisi atau jabatan strategis seperti yang terjadi pada penempatan Dahlan Iskan sebagai Direktur Utama PT. PLN (Persero) dan Menteri BUMN, Johannes Widjanarko sebagai Kepala SKK Migas, dan lain – lain.

7. Bahwa figur seperti Dahlan Iskan dan Johannes Widjanarko sebelum ditunjuk Presiden RI pada posisinya tersebut sedang dalam penyelidikan pihak berwajib terkait dengan kasus – kasus hukum dan korupsi yang dilakukannya.

8. Bahwa Presiden RI meski mengetahui informasi dan fakta – fakta hukum terkait dengan para figur bermasalah tersebut, tetap menunjuk dan mempertahankan posisi dan jabatan mereka di pemerintahan. Sikap dan tindakan presiden tersebut pada hakikat dan substansinya adalah suatu sikap dan tindakan yang memberi perlindungan terhadap para terduga korupsi atau kriminal seperti Dahlan Iskan dan Johannes W idjanarko.

9. Bahwa Rakyat Indonesia tidak hanya membutuhkan seorang Presiden yang cerdas dan berwibawa, namun yang terpenting adalah Presiden mempunyai visi, misi, komitment dan kemampuan mewujudkan kesejahteraan rakyatnya, terutama melalui penegakan hukum yang keras, tegas, cepat, tepat dan adil. Tanpa pandang bulu, tebang pilih dan diskriminasi.

Demikian surat terbuka kepada Presiden RI, KPK dan seluruh rakyat Indonesia ini disampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat kami,

JARINGAN ADVOKAT PUBLIK (JAP)

A. Irwandi Lubis, SH Edy Syahputra, SH Wiliam Azai, SH

Advokat Publik​​​ Advokat Publik​​ Advokat Publik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s